Pages

Wednesday, February 5, 2014

Berburu Barongsai di Kebun Binatang Surabaya

Kali ini ceritanya, saya sebagai anggota APS dapat tugas untuk hunting foto yang berkaitan dengan tema "imlek". yap. Gong Xi Fa Cai! Bukan tugas wajib sih, ya kayak biar ada kerjaan gitu (?) haha

Jadi tanggal 2 Februari, tepatnya hari Minggu, saya nggak sengaja liat poster perayaan imlek gitu ada barongsai dan atraksi2 di Kebun Binatang Surabaya (BonBin). Karena kebetulan teman saya yang kuliah di Malang, Gracia, lagi balik ke Surabaya dan katanya dia pingin ke BonBin, saya ajak dia dan juga temen saya yang namanya Salim (yg waktu itu saya sebut di post Jalan Gula). Mereka ini semua temen SMP saya. Sebenernya ada satu lagi, yaitu Atika, dia juga kuliah di Malang di UB seperti Grace tapi sayangnya dia berhalangan hadir.

my two companies

Sekitar jam 2 siang kami berkumpul di depan pintu masuk. Waktu itu, habis hujan jadi agak ngaret dari rencana awal yaitu jam 12 siang. Harga tiket masuk BonBin 15rb, dan tidak dikenakan biaya lagi jika membawa kamera (biasanya tempat2 rekreasi ada biaya tambahan jika bawa kamera). Setelah masuk ke area BonBin, kami langsung cus ke area perhelatan atraksi barongsai. Letaknya di arah barat, jadi setelah masuk kami berjalan ke arah kanan. Disitu area yang juga sering dipakai untuk mengendarai gajah.

Sudah lama sih saya nggak lihat atraksi barongsai yang secara live dan lumayan dekat. Beruntung, saya dapat lokasi berdiri yang spotnya memungkinkan saya untuk memotret objek dengan santai, meskipun banyaknya penonton. Waktu kami datang ke lokasi, atraksi belum dimulai. Syukurlah bisa mengatur-atur settingan kamera terlebih dahulu. Di situ, kerumunan pemain mayoritas memakai baju berwarna merah (ya iyalah..), identik dengan perayaan imlek 😀

para pemain barongsai selagi persiapan

pemain barongsai dari T.I.T.D.  Tjap Thian Kiong Mojosari


Tidak lama kemudian, sekitar sepuluh menit menunggu, atraksinya pun dimulai. Gemerincing musik pengiring pun membuka atraksi. Antusiasme penonton pun bertambah ditandai dengan meriahnya sorak-sorai mereka. Dengan lihainya, sang barongsai mulai memutari area atraksi yang menambah antusiasme para penonton. Aksi pertama, barongsai akan menaiki tumpukan kursi yang tingginya kurang lebih hampir 4 meter.

Hap

Lompat!
Diiringi dengan musik perayaan yang khas, para atraksi barongsai pun meneruskan aksinya di atas tumpukan kursi tersebut. Sesekali mereka (pemain barongsai) "menggoda" penonton dengan aktingnya kebingungan nan lucu, barongsai menggeser-geser kursi yang ada di atas seolah-olah seperti ingin menjatuhkan kursi tersebut. Lalu, kemudian atraksi dilanjutkan dengan sang barongsai menangkap angpao yang dikaitkan oleh panitia pada salah satu tiang bambu.


seperti memancing ikan (?)

Ternyata atraksi tersebut adalah klimaks dari acara. Barongsai selesai, lalu dilanjutkan dengan atraksi naga.

Naga ini. Jadi dimainkan oleh beberapa pemain dengan memegang  tongkat penyangga di bawahnya sehingga naga tampak melayang




Dengan atraksi naga ini adalah tanda berakhirnya keseluruhan rangkai acara. Naga keluar dari area pertunjukan diikuti dengan pemain musik





No comments:

Post a Comment